Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 – Apakah Layak Dibanderol Rp 3 Juta?

Mungkinkah Samsung Galaxy A31 yang baru diluncurkan menjadi favorit baru di pasar ponsel menengah Indonesia dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya?

Galaxy A31 adalah smartphone yang dirancang untuk kaum muda. Ponsel buatan Samsung ini mengemas banyak hal yang ditawarkan sebagian besar smartphone saat ini.

Secara keseluruhan, Galaxy A31 menawarkan kinerja berkualitas, dukungan kamera yang lebih baik, dan fitur tambahan yang tidak kalah lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan pengguna saat ini.

Meskipun demikian, apakah ada baiknya mempertimbangkan perangkat ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita bahas satu per satu tentang kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A31


Untuk harga Rp. 3,2 juta, Galaxy A31 memiliki SoC MediaTek Helio P65, yang dapat beroperasi pada frekuensi hingga 2,0 GHz sebagai dapur pulsa. SoC rata-rata ini juga menjadi salah satu manfaat yang ditawarkan oleh Galaxy A31.

Secara teknis, Helio P65 memiliki arsitektur yang cukup baru dari ARM, yang menggabungkan enam ARM Cortex-A55 dan dua ARM Cortex-A75. Kedua arsitektur ARM lebih kuat dan hemat energi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Samsung menggunakan Helio P65 juga punya alasan. Selain kuat dan hemat energi, SoC juga mendukung fitur Live Gaming yang lebih lancar sehingga pengguna dapat membuat konten game yang lebih baik.

MediaTek SoC tidak hanya membuat Galaxy A31 lebih kuat, tetapi juga menyediakan dukungan kamera yang lebih tinggi. Berbekal SoC, Galaxy A31 dapat menggunakan kamera dengan resolusi 48 MP yang dikombinasikan dengan lensa sudut lebar 8 MP, lensa makro 5 MP dan kedalaman 5 MP.

Berkat kombinasi ini, pengguna dapat menggunakan kamera Galaxy A31 lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan mereka. Terutama di bidang fotografi, Galaxy A31 juga memiliki resolusi kamera depan 20MP.

Galaxy A31 memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD + (2400 x 1080 piksel). Selain menawarkan layar lebar, pernyataan sebelumnya menunjukkan bahwa panel Super AMOLED memiliki respons yang lebih baik.

Panel yang dibuat oleh Samsung juga dapat bekerja lebih hemat energi, sehingga periode ponsel mungkin lebih lama. Galaxy A31, terutama di sektor energi, juga memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh.

Fitur tambahan, seperti sensor pemindai sidik jari di layar dan dukungan NFC (Near-Field Communication), juga ada pada Galaxy A31 sehingga perangkat ini bisa lebih fungsional.

Kekurangan Samsung Galaxy A31


Meskipun Helio P65 adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Galaxy A31, SoC ini, sayangnya, juga merupakan kelemahan perangkat, karena banyak ponsel Rp 3 juta menggunakan SoC yang lebih kuat.

Selain itu, berbagai fungsi Samsung dan spesifikasi yang memenuhi syarat di Galaxy A31 menyebabkan perangkat kehilangan beberapa fitur lainnya, seperti fungsi Super Steady.

Oleh karena itu, pengguna perlu menggunakan Gimbal sebagai perangkat tambahan agar Galaxy A31 dapat merekam video lebih lancar dan dengan tingkat jitter yang rendah.